HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Mugiyono, . (2011) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Geo 04405241013.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FISE UNY. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai ex post facto, dan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi yang masih aktif mengikuti proses perkuliahan yaitu tahun angkatan 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009 dan 2010 sejumlah 534 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Geografi Program Reguler dan Nonreguler tahun angkatan 2010 sejumlah 100 mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan angket. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisa data adalah menggunakan teknikKorelasi Product Moment Pearson pada taraf 5% dengan bantuan program SPSS 13 Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar dengan variabel kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FISE UNY. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r_hitung sebesar 0,864, sehingga semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi pula kemandirian belajar begitu juga sebaliknya semakin rendah motivasi belajar semakin rendah pula kemandirian belajar. Selain itu nilai r_hitung sebesar 0,864 pada tingkat signifikansi 0,00, sehingga dapat dituliskan bahwa hubungan kedua variabel sangat signifikan. Kata kunci : motivasi belajar dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Ilmu Sosial > Geografi > Geografi Umum
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 01:26
Last Modified: 29 Jan 2019 21:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16683

Actions (login required)

View Item View Item