PEMBELAJARAN BATIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMPN 39 PURWOREJO

Resmiyati, Pawit (2015) PEMBELAJARAN BATIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMPN 39 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pawit Resmiyati 10207244010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Persiapan pembelajaran, 2) Pelaksanaan pembelajaran, 3) Hasil pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Berdasarkan data penelitian tersebut, kemudian data di analisis menggunakan teknik deskriptif. Penelitian telah dilaksanakan pada 16 Januari 2014 hingga 27 Februari 2014, yakni kelas VII A SMPN 39 Purworejo merupakan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa panduan observasi, kisi-kisi wawancara, dokumentasi, dan pedoman catatan lapangan. Pada penentuan validitas keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan 1) Persiapan pembelajaran dipersiapkan oleh pendidik yakni dengan melakukan penyusunan RPP berdasarkan kurikulum KTSP dan silabus, 2) Pelaksanaan pembelajaran telah sesuai dengan ciri pembelajaran KTSP. Dimana pelaksanaan tersebut telah terdapat tiga tahapan pembelajaran, yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan kegiatan penutup, 3) Hasil pembelajaran berupa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan penilaian dilakukan pada hasil tes uraian dan objektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran batik, mata pelajaran Seni Budaya
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16619

Actions (login required)

View Item View Item