PENGARUH MODEL LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DRIBBLING SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 GAMPING SLEMAN

Isrofi, Rozaq Isrofi (2013) PENGARUH MODEL LATIHAN BALL FEELING TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DRIBBLING SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 GAMPING SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rozaq Isrofi (09601241011).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menggiring bola (Dribbling) pada peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Gamping Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model latihan ball feeling terhadap keterampilan teknik dribbling siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Gamping Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Gamping Sleman dengan jumlah 24 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menggiring bola dari Subagyo Irianto dengan tingkat validitas sebesar 0,559 dan reliabilitas sebesar 0,637. Teknik analisis data menggunakan penghitungan perbedaan rata-rata pretest dan rata-rata posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model latihan ball feeling terhadap keterampilan teknik dribbling siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sepakbola, dengan nilai rata-rata pre test dribbling adalah sebesar 18,3458, sedangkan nilai rata-rata post tes dribbling adalah sebesar 16,1579 Mean Difference sebesar 2,19 detik, Maka hal ini menunjukkan bahwa model latihan ball feeling memberikan perubahan terhadap keterampilan teknik dribbling yakni lebih cepat 2,19 detik atau ada kenaikan kecepatan dribbling dengan presentase 11,94%.Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan ball feeling terhadap keterampilan teknik dribbling.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:25
Last Modified: 29 Jan 2019 21:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16604

Actions (login required)

View Item View Item