LAYANAN GURU BAGI SISWA LAMBAN BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN WATES

Rahmayanti, Annisa (2015) LAYANAN GURU BAGI SISWA LAMBAN BELAJAR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN WATES. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Annisa Rahmayanti_11108241036.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan guru bagi siswa lamban belajar di Kelas IV SD Negeri Gadingan Wates. Aspek yang diteliti meliputi pemahaman guru dan pelaksanaan layanan guru bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis naturalistik dengan subjek seorang guru kelas IV di SD Negeri Gadingan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengenai layanan guru bagi siswa lamban belajar yaitu, (1) pemahaman guru tentang siswa belum mendalam tentang konsep ataupun karakteristik siswa lamban belajar; (2) pelaksanaan layanan guru bagi siswa lamban belajar dalam hal modifikasi alokasi waktu pembelajaran yaitu, guru memberi perlakuan secara umum kepada seluruh siswa, belum tertuju khusus pada siswa lamban belajar; (3) pelaksanaan layanan guru bagi siswa lamban belajar dalam hal modifikasi isi atau materi pelajaran yaitu, guru belum melaksanakan penurunan tingkat kesulitan materi bagi siswa; (4) pelaksanaan layanan guru bagi siswa lamban belajar dalam hal modifikasi proses belajar-mengajar belum terlaksana sepenuhnya. Kata kunci: layanan guru, lamban belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Apr 2015 05:37
Last Modified: 29 Jan 2019 21:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16577

Actions (login required)

View Item View Item