UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Widyaningsih, Yuli (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sej 07406241044.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran sejarah yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang membosankan dan cenderung hanya menghafal, akan sulit dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan sistem pembelajaran salah satunya dengan penggunaan model-model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan, motivasi, prestasi belajar sejarah, kendala, dan kelebihan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas XI IPS 2 semester II di SMA Negeri 1 Sanden Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan CAR (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus, yang mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun dalam pengambilan data melalui observasi langsung selama proses pembelajaran di kelas, wawancara, angket, dokumen, dan tes hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Pelaksanaan model pembelajan kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran sejarah terdiri dari tiga siklus dan pada tiap siklus diberikan angket motivasi serta Pre-tes dan Post-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajan Two Stay Two Stray secara umum dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 semester II di SMA Negeri 1 Sanden. Hal tersebut terlihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, peningkatan sebesar 2.76%. Pada siklus II, peningkaatn sebesar 3.33%. Pada siklus III, peningkatan sebesar 4.48%. Penggunaan model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, rata-rata prestasi siswa meningkat sebesar 0.92. Pada siklus II, meningkat sebesar 1.06. Pada siklus III, meningkat sebesar 1.29. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah siswa membutuhkan waktu yang lama saat berlangsungnya diskusi dan masih ada siswa yang tidak berdiskusi dalam kelompok. Kelebihannya adalah pembelajaran menjadi bermakna, siswa menjadi semangat dan aktif serta motivasi dan prestasi belajar meningkat. viii Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, dan Two Stay Two Stray

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 01:35
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16515

Actions (login required)

View Item View Item