IMPLEMENTASI MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SEMESTER I SMA NEGERI I PANINGGARAN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Purwaningsih, Siwi (2010) IMPLEMENTASI MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SEMESTER I SMA NEGERI I PANINGGARAN KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sej 06406244001.swf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Sejarah merupakan pelajaran yang kurang menarik dan membosankan bagi siswa dikarenakan metode yang digunakan cenderung monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Snowball Throwing di SMA N 1 Paninggaran, meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapai dalam penerapan model Snowball Throwing. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas/PTK. Responden dalam penelitian ini adalah guru sejarah, dan siswa kelas XI IPS 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi,wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kuantitatif dan kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran dengan model Snowball Throwing pada siswa kelas XI IPS 2 di SMA N 1 Paninggaran dilakukan dengan cara memodifikasi bola plastik yang didalamnya berisi pertanyaan dan pemberian hadiah bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model Snowball Throwing dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah. Pada siklus I rata-rata motivasi kelas sebelum tindakan adalah 68.00% dan setelah tindakan siklus I 73.90% atau mengalami peningkatan 5.90%, pada siklus II rata-rata motivasi sebelum tindakan adalah 69.72%, setelah tindakan 76.38% atau mengalami peningkatan 6.66%, pada siklus III rata-rata motivasi kelas sebelum tindakan adalah 73.71%, sesudah tindakan 81.13% atau mengalami peningkatan 7.42%. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model Snowball Throwing di SMA N 1 Paninggaran adalah kurangnya media atau fasilitas pembelajaran di kelas seperti OHP/LCD dan buku panduan untuk siswa, dalam penerapan model Snowball Throwing bagi siswa yang kurang menguasai materi tidak dapat berperan secara aktif, sering menghindar dari lemparan bola dan ruangan yang tidak memadai. Solusi yang diambil adalah membuat media pembelajaran reading guide, membagikan reading guide kepada semua anggota kelompok, dan menggunakan halaman sekolah dalam penerapan model Snowball Throwing. Kata Kunci : Motivasi, Snowball Throwing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 01:22
Last Modified: 29 Jan 2019 21:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16510

Actions (login required)

View Item View Item