PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA BERORIENTASI STANDAR PROSES

Dr. H. Jailani, - (2010) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA BERORIENTASI STANDAR PROSES. [Experiment/Research]

[img] Text
05_Jailani.doc

Download (24kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangakan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kegiatan Siswa pada pembelajaran matematika SMA yang berorientasi standar proses yang mempunyai spesifikasi valid, praktis, dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini digunakan suatu model pengembangan 4D-Model yaitu define, design, develop, dan disseminate. Keempat D dalam 4D-Model merupakan tahap-tahap atau sintaks dalam pengembangan rancangan pelaksanaan pembelajaran dan lembar kegiatan siswa. Namun, pada tahap awal (tahun pertama) akan diadopsi sampai pada D yang ketiga, yakni hingga tahap pengembangan (develop), yakni memperoleh perangkat pembelajaran yang sahih. Hasil penyusunan perangkat pembelajaran kemudian dilakukan validasi. Untuk kepentingan ini akan dilakukan oleh mintakan 5 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen pakar pembelajaran matematika dan 2 orang guru matematika yang sudah mempunyai sertifikat pendidik. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian terhadap Perangkat Pembelajaran (yang terdiri dari (lembar Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dan lembar kerja siswa) berdasarkan kriteria yang telah dikembangkan. Analisisnya menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah perangkat pembelajaran (pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa untuk pembelajaran) matematika SMA berorientasi standar proses dapat diterima oleh guru dan siswa dengan kualifikasi baik.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:29
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1650

Actions (login required)

View Item View Item