PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN METODE THE LEARNING CELL DAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SMPN 4 YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015

Maryam, Pupun Parhanatul (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN METODE THE LEARNING CELL DAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SMPN 4 YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI FULL 11401241005.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta antara kelas yang diajar dengan metode The Learning Cell dan yang menggunakan metode Diskusi dalam pembelajaran PPKn. Hasil belajar siswa dibatasi hanya pada pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan (ranah kognitif). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain the randomized posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta yang terbagi menjadi 5 kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 34 siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang dilaksanakan di akhir proses pembelajaran (posttest) dengan 25 butir soal pilihan ganda. Uji validitas instrumen soal hasil belajar dilakukan dengan uji validitas isi dan validitas empirik. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test (uji-t). Hasil Penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta antara kelas yang diajar dengan metode the learning cell dan yang menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn. Hal ini ditunjukan dengan uji stastistik analisis data melalui uji-t posttest hasil belajar siswa diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu th: 3,582 > tt: 2,000 dengan df 65 pada taraf signifikansi 5% atau pada taraf 1% yaitu th: 3,582 > tt: 2,660, dan nilai signifikansi (p) = 0,001

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16495

Actions (login required)

View Item View Item