PERBEDAAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PPKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT (STAD) DAN CERAMAH PADA KELAS VII DI SMPN 1 PRAMBANAN,SLEMAN,YOGYAKARTA

Firda, Nurisqan (2015) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PPKn DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT (STAD) DAN CERAMAH PADA KELAS VII DI SMPN 1 PRAMBANAN,SLEMAN,YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11401241009.swf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (STAD) dan Ceramah pada peserta didik kelas VII di SMPN 1 Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP kelas VII dengan sampel penelitian dua kelas di SMP N 1 Prambanan yang dipilih secara acak sederhana (simple random sampling) yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran STAD. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi aktivitas belajar dan Tes prestasi belajar. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (judgement experts) dengan hasil layak dengan revisi. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan nilai persentase dan uji-t. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran (STAD dan ceramah pada kelas VII di SMPN 1 Prambanan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis persentase rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas Eksperimen sebesar 76,45 % yang masuk dalam kategori tinggi dan rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas kontrol sebesar 60,82 % yang masuk dalam kategori rendah. 2) terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran (STAD) dan ceramah pada kelas VII di SMPN 1 Prambanan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis Independent Sample T Test diperoleh thitung 4,292.Untuk mengetahui ttabel besar dk= n1 + n2 – 2 (dk= 32+32-2, hasilnya 62). Kemudian dilihat dari ttabel pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh 2,000. Oleh karena thitung > ttabel maka terdapat perbedaan. Kata kunci: Student Teams Achievement Divisions (STAD),aktivitas belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Hukum
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 00:35
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16490

Actions (login required)

View Item View Item