TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN SEKOLAH NEGERI SE-KBUPATEN BANTUL TERHADAP PENYEBAB KLASIFIKASI DAN JENIS CEDERA SAAT BEROLAHRAGA

Agung Prasetia, Agung P. (2012) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN SEKOLAH NEGERI SE-KBUPATEN BANTUL TERHADAP PENYEBAB KLASIFIKASI DAN JENIS CEDERA SAAT BEROLAHRAGA. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN .pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
data guru.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sampel.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Pemahaman guru tentang penyebab cedera diharapkan mampu memberikan wawasan untuk nantinya dapat dilakukan tindakan pencegahan yang tepat saat pembelajaran agar tidak terjadi cedera Dengan memahami klasifikasi dan jenis-jenis cedera olahraga diharapkan seorang guru dapat memberikan penilaian yang tepat apabila terjadi cedera pada siswanya sesuai jenis, dan klasifikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah negeri se-Kabupaten Bantul terhadap penyebab, klasifikasi dan jenis cedera olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah Negeri se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 548 responden. Jumlah sampel yang diambil 216 orang dengan teknik multistage random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment. 55 butir soal dinyatakan valid dengan nilai korelasi ≥ r tabel 0.374. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil koefisien reliabilitas sebesar 0.727. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah negeri se-Kabupaten Bantul terhadap penyebab, klasifikasi dan jenis cedera saat berolahraga adalah sedang, adapun persentasenya sebagai berikut: 80 orang (37,04 %) dalam kategori sedang, 68 orang (31,48 %) dalam kategori kurang, terdapat, 46 orang (21,30 %) dalam kategori baik, 16 orang (7,41 %) dalam kategori baik sekali dan 6 orang (2,78 %) dalam kategori kurang sekali. Kata kunci: pemahaman, cedera, penyebab klasifikasi dan jenis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 01:04
Last Modified: 15 Apr 2015 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16489

Actions (login required)

View Item View Item