PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ANIMASI STOP MOTION MENGGUNAKAN APLIKASI WINDOWS MOVIE MAKER BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Sujatmoko, Ivan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ANIMASI STOP MOTION MENGGUNAKAN APLIKASI WINDOWS MOVIE MAKER BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full Sejarah 10406241017.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion menggunakan aplikasi Windows Movie Maker bagi siswa Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan penyederhanan model Borg & Gall. Tahap-tahap yang dilalui dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion menggunakan aplikasi Windows Movie Maker bagi siswa Sekolah Menengah Atas antara lain: Tahap Perencanaan, Tahap Pengembangan Produk Awal, Tahap Validasi Produk, Tahap Uji Coba dan Tahap Pembuatan Produk Akhir. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion. Proses yang ditempuh untuk mengembangkan media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion yaitu melalui Tahap Perencanaan, Tahap Pengembangan Produk Awal, Tahap Validasi Produk, Tahap Uji Coba dan Tahap Pembuatan Produk Akhir. Hingga menjadi sebuah media pembelajaran dalam bentuk compact disc (CD). Tahap evaluasi produk media melalui validasi ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran sejarah dan uji coba kepada siswa. Hasil penelitian pengembangan ini telah dinilai oleh dua orang ahli materi, seorang ahli media, seorang guru mata pelajaran sejarah, dan 30 siswa kelas X IIS. Data validasi terhadap aspek pembelajaran dan aspek kualitas materi diperoleh dari ahli materi; data validasi terhadap aspek desain dan aspek pemrograman diperoleh dari ahli media; data penilaian terhadap aspek ketepatan konsep & kompetensi, dan aspek penyajian media diperoleh dari guru mata pelajaran sejarah; dan data penilaian terhadap aspek kemudahan pemahaman, aspek kemandirian belajar, aspek penyajian media, dan aspek pengoperasian media diperoleh dari siswa SMA kelas X IIS. Teknik pengumpulan data berupa angket menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi serta lembar penilaian untuk guru mata pelajaran sejarah dan siswa. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Aspek penilaian baik dari ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran sejarah serta hasil uji coba kepada siswa, semuanya berkisaran pada rerata 4,00 - 4,67 dengan kategori baik - sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran sejarah berbasis animasi stop motion dengan materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Kata kunci: Media Pembelajaran, Animasi Stop Motion, Media Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 21:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16486

Actions (login required)

View Item View Item