KENDALA GURU BAHASA PRANCIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENERAPAN EVALUASI PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013

Yulianti, Tri (2015) KENDALA GURU BAHASA PRANCIS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM PENERAPAN EVALUASI PORTOFOLIO PADA KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Tri Yulianti 10204241035.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian portofolio di sekolah dan menemukan solusi untuk permasalahan yang dihadapi dalam penerapan penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data deskriptif untuk instrumen angket. Teknik analisis data kualititaif untuk instrumen wawancara dan analisis dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Prancis di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampel penelitian merupakan keseluruhan populasi (census study). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penilaian portofolio di sekolah berada dalam kategori sedang atau berkendala. Kendala tersebut adalah Kurikulum 2013 yang baru diterapkan di sekolah, belum meratanya pengetahuan penilaian portofolio kepada semua guru Bahasa Prancis, masih jarangnya pelatihan mengenai Kurikulum 2013 khususnya mengenai penilaian portofolio, belum adanya buku pedoman yang jelas dan benar untuk penilaian portofolio yang dimiliki sekolah, waktu yang lama dalam proses penilaian portofolio untuk mencapai hasil penilaian, berkas atau dokumen hasil kerja siswa yang banyak, serta jumlah siswa yang banyak dalam satu kelas menyulitkan proses pelaksanaan penilaian portofolio. Solusi untuk permasalahan yang dihadapi dalam penerapan penilaian portofolio adalah guru tetap melaksanakan penilaian portofolio sesuai informasi yang didapat walaupun baru diterapkan di sekolah, sekolah menyediakan informasi dan dokumen tentang penilaian portofolio, guru mencari informasi lain tentang penilaian portofolio lewat internet, guru mengikuti pelatihan tentang penilaian portofolio dalam Kurikulum 2013 di universitas – universitas, guru melakukan penilaian portofolio setiap selesai pembelajaran agar tidak menumpuk pada akhir penilaian, dan guru mengelompokkan siswa untuk mengatasi jumlah siswa yang banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Portofolio, Kurikulum 2013
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 03:11
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16356

Actions (login required)

View Item View Item