PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA VETERAN 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Ageng, Sanjaya (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA VETERAN 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB IV.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB V.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat belajar siswa dipengaruhi oleh faktor intern seperti: rasa tertarikrasa senang dan perhatian. Faktor ekstern meliputi: faktor keluarga, sekolah, maupun lingkungan. Minat belajar dapat mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran dengan metode konvensional membuat siswkurang berminat karena siswa tidak dilibatkan dalam proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar sejarah, dengan menerapkan metodThink Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini: (1) mengetahui apakah penerapanmodel pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan minat belajar siswa, (2mengetahui kelebihan penerapan model pembelajaran kooperatif TPS, (3)mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajarankooperatif TPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau (ClassroomAction Research) dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Proses pengambilan datdalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan angket. Validitas data yangdilakukan dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi metodeTeknik analisis data yang dipergunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Think Pair Share yangdipadukan dengan power point dan puzzle dapat meningkatkan minat siswa dalampembelajaran sejarah. Minat belajar sebelum tindakan sebesar 57,83%, sesudah tindakan pada siklus I prosentase minat siswa meningkat menjadi 63,58% atau mengalami kenaikan sebesar 5,75%, siklus II meningkat menjadi 72,88% atau mengalami kenaikan 9,3% dan siklus meningkat menjadi III 84,25% kenaikan mencapai 11,37%. Kelebihan penerapan metode TPS, siswa lebih senang dalammengikuti pembelajaran sejarah, keaktifan dan minat belajar siswa meningkatKendala penerapan metode TPS, bagi siswa yang kurang pandai dan malas seringmenggantungkan pada jawaban teman, metode TPS memerlukan waktu yang cukup panjang. Kata Kunci : Metode Think Pair Share, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 00:07
Last Modified: 29 Jan 2019 20:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16348

Actions (login required)

View Item View Item