ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA PRANCIS SMAN 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 DILIHAT DARI PARADIGMA KLASIK DAN MODERN

Pisca, Claudia Christina (2014) ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA PRANCIS SMAN 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 DILIHAT DARI PARADIGMA KLASIK DAN MODERN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Claudia Christina Pisca 10204244025.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis validitas, reliabilitas, analisis butir soal secara klasik dan modern serta membandingkan hasil analisis kualitas butir soal dengan paradigma klasik dan modern pada soal ujian kelas X, XI, XII tahun ajaran 2013/2014 SMAN 10 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah soal ujian sekolah bahasa Prancis kelas X, XI, XII SMA N 10 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah adalah 40 pilihan ganda dan 4 uraian pada kelas X, 40 pilihan ganda dan 4 uraian pada kelas XI dan 40 pilihan ganda dan 2 uraian pada kelas XII. Desain penelitian yang digunakan adalah analisis data. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember tahun 2013 sampai bulan Agustus 2014. Hasil penelitian menunjukkan validitas soal kelas X dan XI dalam kategori baik sedangkan pada kelas XII pada aspek konstruksi berkategori tidak baik. Reliabilitas soal ujian jenis pilihan ganda kelas X, XI dan XII tergolong sedang sebesar 0,70, 0,63, dan 0,62, serta soal ujian jenis uraian kelas X dan XI mempunyai reliabilitas yang sedang sebesar 0,65 dan 0,69, tetapi pada kelas XII berkategori rendah sebesar 0,26. Pada analisis butir soal secara klasik dan modern, butir soal yang diterima lebih banyak daripada yang ditolak, sehingga mempunyai kategori baik. Perbandingan kualitas butir soal jenis pilihan ganda pada analisis butir soal secara klasik dan modern dapat terlihat dari diterimanya sebuah butir soal secara analisis klasik dan modern. Butir soal pada kelas X dan XI diterima lebih banyak pada analisis modern, sedangkan butir soal pada kelas XII lebih banyak diterima pada analisis klasik daripada secara modern. Selain itu kualitas sebuah butir soal dapat dikatakan sangat baik apabila dinyatakan layak pada analisis klasik dan modern. Pada kelas X terdapat 36 butir soal yang diterima dan 4 butir soal yang ditolak. Pada kelas XI terdapat 38 butir soal yang diterima dan 2 butir soal yang ditolak. Pada kelas XII terdapat 37 butir soal yang diterima dan 3 butir soal yang ditolak. Pada soal jenis uraian baik pada kelas X, XI maupun XII butir soal diterima lebih banyak pada analisis klasik daripada modern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Butir Soal, Paradigma Klasik dan Modern
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 02:55
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16346

Actions (login required)

View Item View Item