UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS PESERTA DIDIK KELAS X MIA 3 SMAN 1 DEPOK SLEMAN MELALUI MEDIA FILM PENDEK APPRENDRE LE FRANҪAIS AVEC VICTOR

Situmorang, Kristin Natalia (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PERANCIS PESERTA DIDIK KELAS X MIA 3 SMAN 1 DEPOK SLEMAN MELALUI MEDIA FILM PENDEK APPRENDRE LE FRANҪAIS AVEC VICTOR. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Kristin NS 10204241001.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah Proses Belajar Mengajar dengan media film pendek Apprendre le Français Avec Victor sebagai upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Prancis peserta didik kelas X MIA 3 SMA N 1 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 3 SMA N 1 Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 orang peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali siklus pada tanggal 1 November 2014 s.d 27 November 2014. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif yakni hasil observasi, angket, wawancara, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Prancis melalui media film pendek Apprendre le Français Avec Victor mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Prancis, motivasi dan partisipasi peserta didik kelas X MIA 3 SMA N 1 Depok Sleman. Proses pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) mempelajari materi pembelajaran, 2) menonton film pendek, 3) mendeskripsikan gambar dan 4) presentasi individu maupun kelompok dengan berbicara di depan kelas. Peningkatan ini ditunjukkan dengan: 1) Data hasil observasi motivasi peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni skor 2,7 menjadi 3 untuk kehadiran; skor 1,7 menjadi 2 untuk pencatatan materi baru tanpa perintah, skor 1,7 menjadi 2,3 untuk kesungguhan memperhatikan pelajaran, skor 1 menjadi 1,7 untuk perhatian terhadap penjelasan guru, serta skor 1,7 menjadi 2,3 untuk usaha menirukan pelajaran yang dicontohkan guru. Skor-skor tersebut memperlihatkan kategori kurang baik yang berubah menjadi baik bahkan sangat baik; 2) Data hasil observasi partisipasi peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni pada indikator keaktifan menjawab pertanyaan guru dari skor rerata 1,7 menjadi 2,7; indikator keberanian mengajukan pertanyaan dari 1,7 menjadi 2,3; skor keberanian berpendapat dari 1 menjadi 2,3; inisiatif tampil di depan kelas dari 1,7 menjadi 2,7; ser ta keaktifan berlatih mendeskripsikan gambar dari skor rerata 1,3 menjadi 2,3. Skor rerata tersebut mengindikasikan kategori kurang baik berubah menjadi baik; (3) Rerata hasil tes siklus mengalami peningkatan yakni pada siklus I didapat nilai 71,41 yang meningkat menjadi 80,63 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Media Film Pendek, Apprendre le francais avec victor
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 02:47
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item