KAJIAN SEMIOTIK IKLAN PERUSAHAAN PROPERTI RUMAH DALAM MEDIA ONLINE

Utami, Afidah Rahma (2015) KAJIAN SEMIOTIK IKLAN PERUSAHAAN PROPERTI RUMAH DALAM MEDIA ONLINE. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
Afidah RU 10204241036.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan wujud bagian-bagian iklan yang berupa judul,nama perusahaan, teks, dan slogan yang terdapat dalam iklan perusahaan properti rumah yang diiklankan di internet, (2) mendeskripsikan wujud hubungan tanda dan acuannya yang berupa ikon, indeks, dan simbol dalam iklan perusahaan properti rumah yang diiklankan di internet dikaitkan dengan kebudayaan Prancis, (3) mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan perusahaan properti rumah yang diiklankan di internet. Subjek dalam penelitian ini adalah judul, nama perusahaan, teks, dan slogan yang terdapat dalam iklan perusahaan Les Maisons LDT (Les Demeures Traditionnelles), iklan Maisons Arlogis, dan iklan Maisons Bastéa serta wujud hubungan tanda dan acuannya yang berupa ikon, indeks, dan simbol dalam iklan tersebut dikaitkan dengan kebudayaan Prancis. Objek dalam penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, gambar, dan warna yang ada dalam ketiga iklan tersebut. Hasil penelitian terhadap iklan ini menunjukkan bahwa: (1) ketiga iklan memiliki bagian yang lengkap. Iklan terdiri dari judul, signature, teks, dan slogan. (2) dalam ketiga iklan tersebut terdapat wujud hubungan tanda dan acuannya yang berupa ikon, indeks, dan simbol ditemukan pada judul, logo, teks, serta gambar rumah yang diiklankan. Penggunakan indeks pada ketiga iklan tersebut lebih dominan untuk menjelaskan produk yang diiklankan. Ketiga iklan yang dianalisis berasal dari daerah yang berbeda yaitu Picardie, Alsace, dan Normandie. Setiap daerah mempunyai arsitektur tradisional yang berbeda dengan yang lainnya. Akan tetapi, sekarang ini masyarakat tidak membangun rumah dengan arsitektur tradisional. Mereka membangun rumah yang bernilai ekologi yang disebut rumah BBC. Rumah BBC merupakan rumah standar RT2012 yang menggunakan energi maksimum 50 kWh/m2/tahun. Masyarakat membangun rumah yang bernilai ekologi ini untuk mencapai tujuan yang tercantum dalam Pacte Écologique.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Semiotik, Iklan, Media Online
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Perancis FBS
Date Deposited: 14 Apr 2015 02:36
Last Modified: 30 Dec 2020 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item View Item