Yuni, Arumsasi (2013) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBERIAN TUGAS DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Other
1. Halaman Depan.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Other
7. BAB V.PDF Download (246kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS, (2) hubungan persepsi siswa tentang pemberian tugas dengan hasil belajar IPS, serta (3) hubungan minat belajar dan persepsi siswa tentang pemberian tugas secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Uji analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil Belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel (0,656>0,195) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05, (2) terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang pemberian tugas dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel (0,712>0,195) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,000<0,05, dan (3) terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dan persepsi siswa tentang pemberian tugas secara bersama-ama dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari R tabel 0,747>0,195) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Kata kunci: Minat Belajar, Persepsi Siswa tentang Pemberian Tugas, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 02:46 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16166 |
Actions (login required)
View Item |