HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBERIAN TUGAS DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Yuni, Arumsasi (2013) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBERIAN TUGAS DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Other
1. Halaman Depan.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. BAB V.PDF

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS, (2) hubungan persepsi siswa tentang pemberian tugas dengan hasil belajar IPS, serta (3) hubungan minat belajar dan persepsi siswa tentang pemberian tugas secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex post facto dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Uji analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil Belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel (0,656>0,195) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05, (2) terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang pemberian tugas dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari r tabel (0,712>0,195) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,000<0,05, dan (3) terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dan persepsi siswa tentang pemberian tugas secara bersama-ama dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai lebih besar dari R tabel 0,747>0,195) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Kata kunci: Minat Belajar, Persepsi Siswa tentang Pemberian Tugas, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 20:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item