PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII B SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Dwi Oktaviani, Nurhasanah (2013) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII B SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan empati siswa melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS di kelas VIII B SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan bentuk analisis kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi metode. Upaya yang dilaksanakan untuk meningkatkan empati siswa adalah melaksanakan metode role playing dengan variasi tugas, pengaturan waktu yang baik, pemberian point; serta penjelasan materi melalui pelaksanaan role playing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode role playing dapat meningkatkan empati siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Hal tersebut terlihat dari peningkatan empati berdasarkan hasil observasi yang terjadi pada setiap siklusnya. Hasil rata-rata indikator empati siswa pada siklus I sebesar 61%,mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83%. Dengan demikian metode role playing dapat digunakan untuk meningkatkan empati siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII B SMP Negeri 15 Yogyakarta. Kata Kunci: Role Playing, Empati Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 16 Apr 2015 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 20:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16139

Actions (login required)

View Item View Item