Ika, Hendrawati (2013) KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM MELAKUKAN EVALUASPROSES DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH DI SMPN 1 PAMOTAN REMBANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. sampul.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN SKRPSI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRPSI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
8. KATA PENGANTAR skrpsi.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Selama ini guru melakukan evaluasi belajar IPS materi sejarah hanya bertumpu pada evaluasi hasil pembelajaran. Guru kurang memperhatikan dan melakukan evaluasi pada proses pembelajarannya. Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah dan cara mengatasi kesulitankesulitan dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan analisis model interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan guru dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah di SMPN 1 Pamotan ialah: 1) Mengembangkan Silabus terutama penyesuaian alokasi waktu,2) Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3) Mengembangkan instrumen penilaian proses pembelajaran, 4) Penyampaian materi sejarah, 5)Keterbatasan alokasi waktu untuk evaluasi, 6) Keterbatasan referensi untuk evaluasi, 7) Penguasaan kelas, 8) Penggabungan ketiga aspek penilaian yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik karena guru terfokus pada aspek penilaian kognitif, 9) Manajemen sekolah, 10) Kurangnya pengarahan dari pihak sekolah, 11) Keterbatasan sarana dan prasarana pendukung evaluasi proses dan hasil. Cara mengatasi kesulitan-kesulitan guru dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah ialah guru dapat memperbaiki kualitas pengajaran melalui diklat, seminar dan diskusi, pengarahan dan dukungan oleh manajemen sekolah, serta berinisiatif mencari refererensi atau sumber lain yang relevan, membagi dan menggunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin dan melaksanakan evaluasi pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Evaluasi, Proses, Hasil, Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Sejarah Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 15 Apr 2015 00:09 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16135 |
Actions (login required)
View Item |