KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM MELAKUKAN EVALUASPROSES DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH DI SMPN 1 PAMOTAN REMBANG

Ika, Hendrawati (2013) KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM MELAKUKAN EVALUASPROSES DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SEJARAH DI SMPN 1 PAMOTAN REMBANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. sampul.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN SKRPSI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN SKRPSI.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. KATA PENGANTAR skrpsi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Selama ini guru melakukan evaluasi belajar IPS materi sejarah hanya bertumpu pada evaluasi hasil pembelajaran. Guru kurang memperhatikan dan melakukan evaluasi pada proses pembelajarannya. Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah dan cara mengatasi kesulitankesulitan dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data menggunakan analisis model interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan guru dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah di SMPN 1 Pamotan ialah: 1) Mengembangkan Silabus terutama penyesuaian alokasi waktu,2) Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3) Mengembangkan instrumen penilaian proses pembelajaran, 4) Penyampaian materi sejarah, 5)Keterbatasan alokasi waktu untuk evaluasi, 6) Keterbatasan referensi untuk evaluasi, 7) Penguasaan kelas, 8) Penggabungan ketiga aspek penilaian yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik karena guru terfokus pada aspek penilaian kognitif, 9) Manajemen sekolah, 10) Kurangnya pengarahan dari pihak sekolah, 11) Keterbatasan sarana dan prasarana pendukung evaluasi proses dan hasil. Cara mengatasi kesulitan-kesulitan guru dalam melakukan evaluasi proses dan hasil belajar IPS materi sejarah ialah guru dapat memperbaiki kualitas pengajaran melalui diklat, seminar dan diskusi, pengarahan dan dukungan oleh manajemen sekolah, serta berinisiatif mencari refererensi atau sumber lain yang relevan, membagi dan menggunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin dan melaksanakan evaluasi pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci: Evaluasi, Proses, Hasil, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Ilmu Sosial > Sejarah > Sejarah Umum
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Apr 2015 00:09
Last Modified: 29 Jan 2019 20:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item View Item