PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI TERMOKIMIA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL)

Uum, - (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI TERMOKIMIA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat dan pemodelan pembelajaran kimia SMA/MA materi termokimia dengan pendekatan Inquiry-Based Learning (IBL), mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA dan mengetahui kualitas pemodelan pembelajaran berdasarkan penilaian dosen ahli teknologi pembelajaran kimia. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dilengkapi dengan lembar kegiatan peserta didik (LKPD), media powerpoint dan handout. Penelitian pengembangan ini meliputi tahap perencanaan, tahap penyusunan, dan tahap penilaian produk. Instrumen penelitian terdiri atas instrumen penilaian RPP, instrumen penilaian LKPD, instrumen penilaian media powerpoint, instrumen penilaian handout dan instrumen penilaian video pemodelan. Hasil penilaian berupa data kuantitatif yaitu skor dari 1-5. Selanjutnya data kuantitatif ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan standar kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas perangkat dan pemodelan pembelajaran. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh lima pendidik kimia SMA dari kabupaten Purworejo, Temanggung, Bantul dan kota Yogyakarta, kualitas RPP dan handout adalah baik dengan skor rata-rata 47,2 dan 40,6; persentase keidealan 78,667% dan 81,2%, serta kualitas LKPD dan media powerpoint adalah sangat baik dengan skor rata-rata 42,6 dan 59,4; persentase keidealan 85,2% dan 91,385%. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh 2 dosen ahli teknologi pembelajaran, kualitas video pemodelan pembelajaran adalah sangat baik dengan skor rata-rata 70 dan persentase keidealan 87,5%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dan pemodelan pembelajaran kimia SMA/MA materi termokimia dengan pendekatan Inquiry-Based Learning (IBL) dapat digunakan sebagai alternatif panduan operasional dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:39
Last Modified: 29 Jan 2019 20:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16111

Actions (login required)

View Item View Item