EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN

Purwanti Ela, Ela (2014) EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full_Ela Purwanti_1040241048.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN Oleh : Ela Purwanti NIM.10404241048 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran ekonomi sesuai dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman, (2) kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriftif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Stake Countenance Model. Penelitian dilakukakan pada tanggal 11-30 Agustus 2014 di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam menganalisis data menggunakan metode deskripstif. Hasil penelitian adalah (1) pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman terlaksana dengan cukup baik yang dilaksanakan sesuai indikator sebesar 79,16% dan belum dilaksanakan sesuai indicator sebesar 20,84%. Indikator yang belum dilaksanankan pada aspek perencanaan yaitu rancangan penilaian terdapat di silabus yang terdiri teknik penilaian dan waktu/periode penilaian untuk setiap materi pokok dan menentukan rubrik penilaian yang memuat petunjuk/uraian dalam penilaian skala, pada aspek pelaksanaan yaitu menginformasikan system penilaian, pada aspek pengolahan yaitu tindak lanjut hasil analisis panilaian hasil belajar. (2) kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu (a)perencanaan yang rumit, (b)banyaknya komponen yangdiperhatikan guru secara bersamaan dalam pelaksanaan penilaian, (c) penilaian sikap yang harus memperhatikan secara detail dengan jumlah siswa yang banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16105

Actions (login required)

View Item View Item