PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Setyanto Guntoro Galih, Galih (2014) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skrpsi Full_Guntoro Galih Setyanto_10404244004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh : Guntoro Galih Setyanto 10404244004 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning, pola asuh orang tua dan tahun angkatan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta tahun angkatan 2011-2013 sebanyak 1.736 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa; Terdapat pengaruh negatif dan signifikan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi -0,601 (p<0,05). Terdapat pengaruh negatif dan signifikan pola asuh demokratis terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi -4,082 (p<0,05). Nilai negatif pada koefisien regresi menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik pada pola asuh demokratis lebih rendah dibandingkan pola asuh permisif. Namun demikian, pola asuh otoriter tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi -1,551 (p>0,05). Penelitian ini juga menunjukkan mahasiswa tahun angkatan 2011 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi 2,381 (p<0,05). Nilai positif pada koefisien regresi juga menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik mahasiswa tahun angkatan 2011 lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa tahun angkatan 2013. Mahasiswa tahun angkatan 2012 juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik dengan ditunjukkan nilai koefisien regresi 2,112 (p<0,05). Nilai positif pada koefisien regresi juga menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik mahasiswa tahun angkatan 2012 lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa tahun angkatan 2013. Dan terdapat pengaruh dan signifikan self-regulated learning, pola asuh orang tua dan tahun angkatan secara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik yang ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,474 (p<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16101

Actions (login required)

View Item View Item