PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Widyatmoko Yunindra, Yunindra (2014) PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM ORGANISASI DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh: Yunindra Widyatmoko NIM.07404241050 Keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar memiliki peran serta dalam menumbuhkan kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan kerja, pengaruh prestasi belajar terhadap kesiapan kerja, dan pengaruh keaktifan mahasiswa dan prestasi mahasiswa secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah keaktifan mahasiswa dalam organisasi, prestasi belajar, dan kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 187 mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2011 dan 2012. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling. Sampel penelitian berjulmal 87 mahasiswa dengan rincian 35 mahasiswa yang aktif dalam organisasi dan 52 mahasiswa yang tidak aktif dalam organisasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi dengan nilai Fhitung 14.451 dan signifikansi sebesar 0.000; terdapat pengaruh positif signifikan keaktifan mahasiswa dalam organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi dengan nilai thitung 4.282 dan signifikansi 0.000; terdapat pengaruh positif signifikan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi dengan nilai thitung 2.176 dan signifikansi 0.032.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16084

Actions (login required)

View Item View Item