EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH KRETEK KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Ani Khoirina Nury, Nury (2014) EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH KRETEK KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
skripsi full_10404241020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

EVALUASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR SD UNGGULAN MUHAMMADIYAH KRETEK KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: Khoirina Nuryani NIM. 10404241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar oleh SD Unggulan Muhammadiyah Kretek dilihat dari sisi pelaksanaan, kendala dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala saat pelaksanaan SPM. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan model evaluasi kesenjangan/ketimpangan (The Discrepancy Evaluation Model) berdasarkan pendekatan kuantitatif. Dalam menganalisis data menggunakan metode deskripstif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan karyawan SD Unggulan Muhammadiyah Kretek Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan SPM Pendidikan Dasar oleh SD Unggulan Muhammadiyah Kretek berdasarkan indikator pencapaian yang telah memenuhi SPM sebesar 72,42% dan belum memenuhi SPM sebesar 27,58%. SPM belum terpenuhi dalam hal ketersediaan peraga IPA, penerapan RPP, pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dan Rencana Tahunan Sekolah. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan SPM ini yaitu kurangnya informasi yang diterima sekolah mengenai SPM, keterbatasan anggaran untuk pengadaan sarana dan prasarana khususnya peraga IPA, kualitas SDM baik guru maupun kepala sekolah masih kurang dan kurangnya efektivitas pelaksanaan program sekolah. (3) Solusi yang dapat dilakukan yaitu sosialisasi mengenai SPM, sekolah harus mampu menyusun skala prioritas dalam pengadaan sarana dan prasarana, mengoptimalkan peran kepala sekolah dan peran guru, sekolah harus menyusun, memonitoring dan mengevaluasi Rencana Kegiatan Sekolah yang terdiri dari Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah dan Rencana Kerja Tahunan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16070

Actions (login required)

View Item View Item