PERBEDAAN FINANCIAL LITERACY MAHASISWA PELAKU USAHA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BERDASARKAN GENDER DAN KEMAMPUAN KOGNITIF

Rohmah Anik Nur, Anik (2014) PERBEDAAN FINANCIAL LITERACY MAHASISWA PELAKU USAHA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BERDASARKAN GENDER DAN KEMAMPUAN KOGNITIF. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_ANIK NUR ROHMAH_10404244038.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PERBEDAAN FINANCIAL LITERACY MAHASISWA PELAKU USAHA DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BERDASARKAN GENDER DAN KEMAMPUAN KOGNITIF Oleh: Anik Nur Rohmah NIM. 10404244038 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan financial literacy mahasiswa pelaku usaha di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta berdasarkan gender 2) Perbedaan financial literacy mahasiswa pelaku usaha di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta berdasarkan kemampuan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif sekaligus merupakan penelitian komparatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pelaku usaha di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang belum diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan populasi terjangkau dengan metode snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Financial literacy mahasiswa pelaku usaha di Fakultas Ekonomi UNY cenderung masuk pada kategori sedang. Kemampuan kognitif mahasiswa pelaku usaha di Fakultas Ekonomi UNY cenderung masuk pada kategori sedang, sedangkan ketidakadilan gender yang dialami mahasiswa pelaku usaha di Fakultas Ekonomi UNY cenderung masuk pada kategori rendah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa; 1) Tidak terdapat perbedaan financial literacy mahasiswa pelaku usaha di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta berdasarkan gender ditunjukkan dengan nilai probabilitas chi-square 0,490 (p>0,05) untuk dimensi pengetahuan dan 0,600 (p>0,05) untuk dimensi kemampuan. 2) Terdapat perbedaan financial literacy mahasiswa pelaku usaha berdasarkan kemampuan kognitif ditunjukkan dengan nilai probabilitas chi square 0,014 (p<0,05) untuk dimensi pengetahuan dan 0,022 (p<0,05) untuk financial literacy dimensi kemampuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 17 Apr 2015 00:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16066

Actions (login required)

View Item View Item