HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG

Fajar, Yohana Nayunta (2015) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Fajar Yohana Nayunta.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DAN FASILITAS PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MENGELOLA PERALATAN KANTOR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG Oleh : Fajar Yohana Nayunta NIM. 12402245006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kreativitas guru dengan prestasi belajar, (2) hubungan antara fasilitas pembelajaran dengan prestasi belajar, (3) hubungan antara kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran Mengelola Peralatan Kantor siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Karya 1 Magelang. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Karya 1 Magelang yang berjumlah 56 siswa. Pengumpulan data kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran dilakukan dengan angket, untuk prestasi belajar menggunakan dokumentasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 27 siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Kristen 2 Klaten. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hubungan antara kreativitas guru atau fasilitas pembelajaran dengan prestasi belajar digunakan teknik analisis bivariat. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama dengan prestasi belajar digunakan teknik analisis korelasi ganda. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dengan presasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,723 dengan p < 0,05, (2) ada hubungan positif dan signifikan antara fasilitas pembelajaran dengan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan koefisien sebesar 0,540 dengan p < 0,05, (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran secara bersama-sama dengan prestasi belajar mata pelajaran Mengelola Peralatan Kantor siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Bhakti Karya 1 Magelang yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,759, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,576 yang berarti varians prestasi belajar 57,6% dijelaskan oleh kreativitas guru dan fasilitas pembelajaran, sedangkan 42,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Kata kunci : kreativitas guru, fasilitas pembelajaran, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 13 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item View Item