Pengaruh Game Edukasi Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Magelang

Fradinata, Dimas (2014) Pengaruh Game Edukasi Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Magelang. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10401241021.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan game edukasi terhadap motivasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas X di SMK Negeri 2 Magelang. Disamping itu juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan game edukasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas X di SMK Negeri 2 Magelang. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain true experimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Semester 1 di SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 360 siswa. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa kelas X PM 3 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X PM 2 SMK sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (8.313 > 2.032) dan nilai Sig. motivasi belajar yang dihasilkan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) artinya ada pengaruh penggunaan game edukasi terhadap motivasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas X di SMK Negeri 2 Magelang. Berdasarkan uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (8.078 > 2.032) dan nilai Sig. prestasi belajar yang dihasilkan lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05) artinya ada pengaruh penggunaan game edukasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas X di SMK Negeri 2 Magelang. Perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan game edukasi lebih berpengaruh terhadap kenaikan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar daripada yang menggunakan media PowerPoint. Kata Kunci : Game Edukasi, PowerPoint, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 13 Apr 2015 01:00
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15951

Actions (login required)

View Item View Item