PEMAHAMAN MATERI PKN BIDANG POLITIK, HUKUM, DAN MORAL GURU-GURU PKN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Sari, Dewi Ratna (2013) PEMAHAMAN MATERI PKN BIDANG POLITIK, HUKUM, DAN MORAL GURU-GURU PKN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (Digital FIS)
Skripsi Full 08401241002.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman konsep politik, hukum, dan moral yang mendasari PKn oleh guru-guru PKn di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. (2) pemahaman materi PKn bidang politik, hukum, dan moral sesuai dalam standar isi oleh guru-guru PKn di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. (3) kesulitan guru-guru PKn dalam memahami materi PKn bidang politik, hukum, dan moral di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden ditentukan dengan menggunakan teknik populasi penelitian. Adapun yang menjadi responden adalah guru-guru PKn di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman dengan jumlah 31 guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif dengan pengkategorian berdasarkan mean ideal (Mi) dan standar deviasi ideal (SDi) yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, pemahaman konsep-konsep yang mendasari PKn oleh guru-guru PKn di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman yaitu (1) pemahaman konsep politik menunjukkan 28 guru (90,3%) memiliki pemahaman tinggi dan 3 guru (9,7%) memiliki pemahaman sedang. (2) Pemahaman konsep hukum menunjukkan 14 guru (45,2%) memiliki pemahaman tinggi dan 17 guru (54,8%) memiliki pemahaman sedang. (3) Pemahaman konsep moral menunjukkan 24 guru (77,4%) memiliki pemahaman tinggi dan 7 guru (22,6%) memiliki pemahaman sedang. Kedua, pemahaman materi PKn bidang politik, hukum, dan moral sesuai dalam standar isi PKn SMA oleh guru-guru PKn yaitu (1) Pemahaman materi politik menunjukkan 10 guru (32,3%) memiliki pemahaman tinggi dan 21 guru (67,7%) memiliki pemahaman sedang. (2) Pemahaman materi hukum menunjukkan 20 guru (64,5%) pemahaman tinggi, 11 guru (35,5%) pemahaman sedang. (3) Pemahaman materi moral yaitu 22 guru (71,0%) pemahaman tinggi dan 9 guru (29,0%) memiliki pemahaman sedang. Ketiga, kesulitan guru-guru PKn dalam memahami materi PKn tingkat kesulitan yang dialami untuk materi politik, hukum, dan moral pada kategori sedang. Kata Kunci: Pemahaman, Materi Politik, Materi Hukum, Materi Moral

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 13 Apr 2015 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 20:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15947

Actions (login required)

View Item View Item