PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Mursalin, Iin (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara: (1) prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik; (2) kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture sebelum dan sesudah proses pembelajaran; dan kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMAN 2 Sleman tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 108 peserta didik dan terbagi dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive cluster sampling. Sampel berjumlah 70 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur (anakova A), uji-t sama subjek dan uji-t beda subjek. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000) antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. (2) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000) antara kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture sebelum dan sesudah proses pembelajaran; dan ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000) antara kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture efektif dalam meningkatkan prestasi dan kreativitas belajar kimia peserta didik kelas eksperimen SMA Negeri 2 Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 06:07
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15904

Actions (login required)

View Item View Item