IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI RIMPANG KUNYIT PUTIH (Curcuma manga) SECARA KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROSKOPI MASSA (KG-SM)

Raji’i, Muhamad (2011) IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI RIMPANG KUNYIT PUTIH (Curcuma manga) SECARA KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROSKOPI MASSA (KG-SM). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI RIMPANG KUNYIT PUTIH.docx

Download (15kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui kadar minyak atsiri dan mengidentifikasi komponen minyak atsiri yang terkandung dalam ekstrak heksana dari rimpang kunyit putih (Curcuma mangga) dengan menggunakan kromatografi gas-spektroskopi massa. Ekstraksi minyak atsiri dari rimpang kunyit putih dilakukan dengan dua cara yaitu maserasi dengan pelarut n-heksana dan destilasi uap. Ekstrak n-heksana hasil maserasi disaring dan diperoleh fraksi n-heksana, sedangkan destilat hasil destilasi uap dipisahkan dengan ekstraksi pelarut menggunakan pelarut n-heksana sehingga diperoleh fraksi n-heksana. Fraksi n-heksana hasil maserasi dan destilasi uap dievaporasi dan ditambah Na2SO4 anhidrat untuk menghilangkan sisa air dan disaring. Minyak atsiri hasil evaporasi selanjutnya dianalisis menggunakan kromatografi gas-spektroskopi massa. Kadar minyak atsiri hasil maserasi 0,3590% dan kadar minyak atsiri hasil destilasi uap 0,1694%. Hasil analisis dengan kromatografi gas-spektroskopi massa pada minyak atsiri kunyit putih hasil maserasi terdapat 15 puncak dan yang dapat diidentifikasi hanya tiga senyawa yaitu : kampen [M+] 136; kampor [M+] 152 dan isobornil asetat [M+] 196. Analisis kromatografi gas-spektroskopi massa pada minyak atsiri kunyit putih hasil destilasi uap diperoleh 11 puncak dan yang dapat diidentifikasi hanya 6 senyawa yaitu : senyawa kampen [M+] 136; eukaliptol [M+] 154; linalool [M+] 154; kampor [M+] 152; isobornil asetat [M+] 196;dan3-Isopropil-6,10-dimetil-6-siklodekena-1,4-dion [M+] 236.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 05:56
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item