EFEKTIVITAS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Astuti, Atiyatul (2011) EFEKTIVITAS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK.docx

Download (14kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dan yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan konsep, 2) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik SMA Negeri 1 Prambanan Klaten sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing, 3) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dan yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan konsep, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Berdasarkan tujuan, penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Prambanan Klaten tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 264 orang yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XF sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sebagai kelas kontrol. Peningkatan motivasi belajar kimia peserta didik diukur menggunakan angket motivasi belajar kimia dan dianalisis menggunakan uji-t beda subjek dan uji-t sama subjek, sedangkan peningkatan prestasi belajar kimia peserta didik diukur menggunakan tes prestasi belajar yang telah divalidasi dan dianalisis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian didapatkan besarnya uji-t beda subjek sebesar 0,067 dengan p=0,945 (p>0,05). Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dan yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan konsep. Besarnya uji-t sama subjek yaitu 6,043 dengan p= 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik SMA Negeri 1 Prambanan Klaten sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Besarnya hasil analisis uji Anakova satu jalur diperoleh harga F0=28,676 dengan p=0,000 (p<0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik SMA Negeri 1 Prambanan Klaten yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing dan yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan konsep, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 05:54
Last Modified: 10 Apr 2015 05:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15900

Actions (login required)

View Item View Item