PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL

Mualisah, Rifathul (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bidang pendidikan kimia yang bertujuan mengembangkan perangkat dan pemodelan pembelajaran kimia SMA/MA materi larutan non-elektrolit dan elektrolit dengan pendekatan Inquiry Based Learning (IBL), dan mengetahui kualitas perangkat dan pemodelan pembelajaran kimia. Perangkat dan pemodelan pembelajaran dikembangkan dengan model deskriptif prosedural. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tahapan pengumpulan referensi, penyusunan naskah/desain rancangan perangkat pembelajaran, pembuatan perangkat pembelajaran, review I, review II, dan penilaian kualitas hasil pengembangan. Kualitas perangkat pembelajaran dinilai oleh 5 reviewer yaitu pendidik kimia SMA/MA dan pemodelan pembelajaran dinilai oleh 2 ahli teknologi pembelajaran kimia. Instrumen penilaian perangkat pembelajaran terdiri dari aspek penilaian RPP, LKPD, handout dan media pembelajaran, sedangkan instrumen penilaian pemodelan pembelajaran kimia terdiri dari 16 aspek. Data yang diperoleh berupa data proses dan hasil kualitas produk. Data proses digunakan untuk merevisi perangkat dan pemodelan sedangkan data hasil kualitas ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas perangkat dan pemodelan pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), handout dan media pembelajaran berkualitas baik dengan persen keidealan masing-masing yaitu 83%, 82% dan 79%, sedangkan LKPD berkualitas sangat baik dengan persen keidealan 86,4%. Berdasarkan penilaian 2 ahli teknologi pembelajaran kimia, pemodelan pembelajaran berkualitas baik dengan persen keidealan 82,5%. Oleh karena itu perangkat dan pemodelan pembelajaran layak digunakan sebagai pedoman pendidik dalam pembelajaran materi larutan non-elektrolit dan elektrolit dengan pendekatan Inquiry Based Learning (IBL).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 05:20
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15896

Actions (login required)

View Item View Item