PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KOSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT BLUE TEKNIS

Wisasta, Kersa Romalya (2011) PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KOSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT BLUE TEKNIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh massa adsorben, waktu adsorpsi dan konsentrasi pewarna terhadap efisiensi adsorpsi arang aktif pada pewarna direct blue teknis, selain itu juga untuk mengetahui gugus fungsional yang terdapat pada pewarna direct blue teknis. Subjek dalam penelitian ini adalah arang aktif dari batok kelapa. Objeknya adalah efisiensi adsorpsi arang aktif terhadap pewarna direct blue teknis.Arang batok kelapa diaktivasi terlebih dahulu dengan dipanaskan 400 0C selama 1 jam di dalam muffle purnace. Proses adsorpsi dilakukan dengan memvariasikan massa adsorben, waktu adsorpsi dan konsentrasi pewarna direct blue teknis. Larutan pewarna direct blue teknis setelah diadsorpsi dianalisis secara kuantitatif dengan spektrofotometer UV-Vis. Arang aktif sebelum dan sesudah adsorpsi serta serbuk pewarna direct blue teknis juga dianalisis secara kualitatif dengan spektrofotometer inframerah (FTIR). Efisiensi adsorpsi dinyatakan dalam persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin banyak massa adsorben maka semakin meningkat efisiensi adsoprsi, (2) semakin lama waktu adsorpsi yang diberikan menunjukkan efisiensi adsorpsi meningkat tetapi pada waktu 8 dan 24 jam terjadi adsorpsi fisika yaitu adanya proses balik atau kejenuhan selama proses adsorpsi, waktu optimum 6 jam, (3) semakin besar konsentrasi pewarna, semakin menurun efisiensi adsorpsi, (4) spektrum FTIR pewarna direct blue teknis menunjukkan adanya gugus fungsional dari hidroksi air, amina, alkena, oxim, fosfat, eter, haloalkana dan aromatik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 05:03
Last Modified: 29 Jan 2019 20:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15892

Actions (login required)

View Item View Item