ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK ETIL ASETAT DALAM RIMPANG TEMUGIRING (Curcuma heyneana, Vahl)

INTANNINGRUM, REISMA RAGIL (2011) ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK ETIL ASETAT DALAM RIMPANG TEMUGIRING (Curcuma heyneana, Vahl). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK ETIL ASETAT DALAM RIMPANG TEMUGIRING.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menenentukan karakteristik senyawa metabolit sekunder hasil isolasi dengan menggunakan Kromatografi Lapis Tipis (KLT), spektrofotometer UV-Vis, dan spektrometer IR serta menentukan jenis senyawa metabolit sekunder hasil isolasi ekstrak etil asetat yang terdapat dalam rimpang temugiring (Curcuma heyneana, Vahl). Serbuk kering rimpang temugiring (Curcuma heyneana, Vahl) diisolasi menggunakan metode maserasi yaitu dengan cara merendam serbuk rimpang temugiring dengan pelarut metanol selama ±24 jam. Hasil maserasi kemudian dipartisi dengan n-heksana dan etil asetat. Selanjutnya hasil partisi tersebut dievaporasi hingga diperoleh ekstrak pekat kemudian dipisahkan dengan Kromatografi Vakum Cair (KVC) dan Kromatografi Kolom Gravitasi (KKG) dipandu dengan KLT. Setelah diperoleh senyawa murni selanjutnya diidentifikasi dengan spektrofotometer UV-Vis, spektrometer IR, dan KLT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa murni hasil isolasi yang telah dianalisis menggunakan spektrofotometer UV-Vis menunjukkan serapan dengan panjang gelombang maksimum pada 415 nm. Dari hasil analisis dengan spektrometer IR menunjukkan adanya gugus C=O karbonil pada daerah 1705,07 cm-1, gugus C=C pada daerah 1597,06 cm-1, C-H alifatik pada daerah 2931,80 dan 2862,36 cm-1, gugus C-O pada daerah 1280,73 cm-1 dan gugus –OH berupa puncak yang melebar pada daerah 3425,58 cm-1. Senyawa hasil isolasi diuji dengan demetoksikurkumin standar dengan KLT menunjukkan kesamaan Rf. Berdasarkan analisis data UV, IR dan Rf dapat disimpulkan bahwa senyawa hasil isolasi dari rimpang temugiring (Curcuma heyneana, Vahl) dalam ekstrak etil asetat memiliki kemiripan dengan demetoksikurkumin dan senyawa tersebut termasuk golongan kurkuminoid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 10 Apr 2015 02:56
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15873

Actions (login required)

View Item View Item