Keefektifan Media Midi dalam Pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri 8 Yogyakarta

Riskiandini, Alviana (2015) Keefektifan Media Midi dalam Pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri 8 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alviana Riskiandini 10208244079.pdf

Download (234MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media MIDI dengan peserta didik yang tanpa menggunakan media MIDI dalam proses pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain nonequivalent pre-test post-test control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 8 Yogyakarta berjumlah 10 kelas yang mengikuti mata pelajaran Seni Musik pada jam mata pelajaran Seni Budaya tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Adapun jumlah sampel sebanyak 2 kelas yang terbagi atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis komparatif dengan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan positif dan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media MIDI dengan peserta didik yang tanpa menggunakan media MIDI dalam proses pembelajaran ansambel musik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor post-test kelompok eksperimen sebesar 22,06 dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol sebesar 20,13 serta selisih dari kedua rata-rata skor kedua kelompok sebesar 1,93. Hasil dari uji t dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows menghasilkan nilai t hitung sebesar 2,685 > t tabel sebesar 2,001 dengan signifikansi (0,009) < 0,05. Hal tersebut berarti hipotesis yang berbunyi "Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan media MIDI dengan peserta didik yang tanpa menggunakan media MIDI dalam proses pembelajaran ansambel musik". diterima, maka media tersebut dikatakan efektif. Kata Kunci : kefektifan, media MIDI, pembelajaran ansambel musik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kefektifan, media MIDI, pembelajaran ansambel musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 10 Apr 2015 03:07
Last Modified: 29 Jan 2019 20:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item View Item