PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KOSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT RED TEKNIS

Candra, Loren Ade (2011) PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KOSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT RED TEKNIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh massa adsorben, waktu adsorpsi dan konsentrasi pewarna terhadap efisiensi adsorpsi arang aktif pada pewarna direct red teknis. Selain itu juga untuk mengetahui karakter gugus fungsi yang terdapat pada arang aktif sebelum dan sesudah adsorpsi serta pewarna direct red teknis. Subjek dalam penelitian ini adalah arang aktif dari batok kelapa. Objeknya adalah efisiensi adsorpsi arang aktif terhadap pewarna direct red teknis. Arang batok kelapa diaktivasi terlebih dahulu dengan dipanaskan 4000C selama 1 jam di dalam muffle furnace. Proses adsorpsi dilakukan dengan mengkondisikan variasi massa absorben, waktu adsorpsi dan konsentrasi pewarna direct red teknis. Larutan direct red teknis setelah adsorpsi dianalisis secara kuantitatif dengan spektrofotometer UV-Vis. Arang aktif sebelum dan sesudah adsorpsi serta serbuk pewarna direct red teknis juga dianalisis secara kualitatif dengan spektrofotometer inframerah (FTIR). Efisiensi adsorpsi dinyatakan dalam persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin besar massa adsorben, semakin besar efisiensi adsorpsi (2) Waktu adsorpsi optimum arang aktif terhadap pewarna direct red teknis adalah 4 jam, (3) semakin besar konsentrasi pewarna, makin kecil efisiensi adsorpsi (4) Gugus fungsional yang terdapat pada arang aktif sebelum adsorpsi adalah –OH dari air, -OH terhidrasi. Gugus fungsional yang terdapat dalam arang aktif setelah adsorpsi adalah –OH dari air, -OH terhidrasi dan benzen tersubstitusi orto. Gugus fungsional yang terdapat dalam pewarna direct red teknis antara lain –OH dari air, -OH terhidrasi, sulfon, alkil amina, aromatik, fenol serta benzena tersubstitusi orto, meta dan para.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2015 03:00
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15790

Actions (login required)

View Item View Item