PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL)

Caesaar, Shin Queena Nimas (2011) PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT DAN PEMODELAN PEMBELAJARAN KIMIA SMA.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat dan pemodelan pembelajaran kimia SMA/MA materi kesetimbangan kimia dengan pendekatan inquiry based learning (IBL) dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran kimia yang telah disusun berdasarkan penilaian 5 pendidik kimia SMA serta kualitas pemodelan pembelajaran kimia berdasarkan penilaian 2 ahli teknologi pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah tersebut adalah tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Produk awal perangkat pembelajaran kimia ditinjau dan diberi masukan oleh 3 peer reviewer, ahli media, dan ahli materi. Kualitas perangkat pembelajaran kimia dinilai oleh 5 orang reviewer, yaitu 5 pendidik kimia SMA dengan mengisi angket penilaian. Produk awal pemodelan diberi masukan oleh dosen pembimbing. Kualitas pemodelan pembelajaran kimia dinilai oleh 2 ahli teknologi pembelajaran, yaotu 2 dosen pendidikan kimia dengan mengisi angket penilaian. Produk penelitian ini berupa Perangkat dan Pemodelan Pembelajaran Kimia SMA/MA Materi Kesetimbangan Kimia dengan Pendekatan Inquiry Based Learning (IBL). Berdasarkan penilaian 5 pendidik kimia, perangkat pembelajaran kimia ditinjau dari komponen RPP, LKPD, handout, dan media pembelajaran termasuk dalam kategori kualitas sangat baik (SB) dengan persentase keidealan tiap komponen sebesar 92%, 92,36%, 91,43%, 89,75% sedangkan pemodelan pembelajaran kimia memperoleh skor rata-rata 62,5 sehingga termasuk dalam kategori kualitas baik (B) dengan persentase keidealan 78,13%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2015 02:52
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item