PENGARUH PENAMBAHAN ASAM OLEAT DAN GLISEROL DALAM PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI AIR KELAPA DAN BIDEGRADASI BIOPLASTIK YANG DIHASILKAN

Pratama, Ike Nur Cahya Putra (2011) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM OLEAT DAN GLISEROL DALAM PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI AIR KELAPA DAN BIDEGRADASI BIOPLASTIK YANG DIHASILKAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGARUH PENAMBAHAN ASAM OLEAT DAN GLISEROL DALAM PEMBUATAN BIOPLASTIK DARI AIR KELAPA DAN BIDEGRADASI BIOPLASTIK.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asam oleat dan gliserol terhadap sifat mekanik, gugus fungsi dan kemudahan biodegradasi bioplastik dari air kelapa. Subjek penelitian ini adalah bioplastik dari air kelapa, bioplastik dari air kelapa dengan penambahan asam oleat serta bioplastik dari air kelapa dengan penambahan asam oleat dan variasi gliserol, sedangkan objek penelitian ini adalah karakteristik bioplastik meliputi gugus fungsi, sifat mekanik dan kemudahan biodegradasi. Prosedur penelitian ini pertama yaitu pembuatan nata de coco dari air kelapa, kemudian nata de coco tersebut dikeringkan hingga dihasilkan bioplastik. Karakterisasi bioplastik meliputi : uji sifat mekanik, analisis gugus fungsi menggunakan spektrofotometer FTIR serta uji kemudahan biodegradasi meliputi kehilangan massa dan laju kehilangan massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioplastik dengan tambahan pemlastis asam oleat 1,5% dan gliserol 2% ternyata mempunyai sifat mekanik yang besar, yaitu meliputi kuat putus (tensile strength) sebesar 10,23 MPa dan perpanjangan (strain) sebesar 13,84%. Pada uji kemudahan biodegradasi bioplastik terjadi pemutusan ikatan β-1,4-glikosidik yang menyebabkan selulosa pada bioplastik terurai menjadi glukosa-glukosa. Penambahan asam oleat 1,5% dan gliserol 2% mempercepat laju pengurangan massa bioplastik pada saat proses biodegradasi. Pada analisis gugus fungsi dengan adanya pemlastis gliserol dan asam oleat, tidak mengubah gugus fungsi yang terdapat dalam bioplastik baik sebelum atau sesudah biodegradasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2015 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15763

Actions (login required)

View Item View Item