PERBEDAAN PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMAN 1 CIKAMPEK TAHUN AJARAN 2010/2011

Agmawarnida, - (2011) PERBEDAAN PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMAN 1 CIKAMPEK TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBEDAAN PENERAPAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING DAN PENDEKATAN EKSPOSITORI TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan pendekatan reciprocal teaching dengan yang menggunakan pendekatan ekspositori jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik (2) perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia menggunakan pendekatan reciprocal teaching maupun pendekatan ekspositori,dan (3) perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan pendekatan reciprocal teaching dan yang mengikuti pembelajaran kimia dengan pendekatan ekspositor, kelas XI Semester II SMAN 1 Cikampek. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester II SMAN 1 Cikampek tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 270 peserta didik dan terbagi dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 90 peserta didik terbagi dalam 2 kelas yaitu satu kelas sebagai eksperimen 45 peserta didik dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan yang signifikan (p=0,674) pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran reciprocal teaching dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. (2) ada perbedaan yang signifikan (p=0,038) pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan pembelajaran reciprocal teaching, dan tidak ada perbedaan yang signifikan (p=0,977) pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah proses pembelajaran kimia dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori, dan (3) tidak ada perbedaan yang signifikan(p=0,186) pada motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran reciprocal teaching dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori, kelas XI Semester II SMAN 1 Cikampek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2015 01:39
Last Modified: 09 Apr 2015 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15761

Actions (login required)

View Item View Item