PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK WRITING IN THE HERE AND NOW DI KELAS V SD NEGERI PURWOBINANGUN SLEMAN

Tri, Wahyuni (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK WRITING IN THE HERE AND NOW DI KELAS V SD NEGERI PURWOBINANGUN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan teknik writing in the here and now pada siswa kelas V SD N Purwobinangun Sleman dan untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD N Purwobinangun Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 20 siswa putra dan 14 siswa putri. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Taggart melalui 3 tahapan yaitu rencana, tindakan dan observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, instrumen penilaian berupa pedoman penskoran keterampilan menulis puisi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 75% siswa mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas sebesar ≥ 71. Penerapan teknik writing in the here and now pada pembelajaran menulis puisi dapat mempermudah siswa menentukan gagasan dan mempermudah siswa dalam memilih kata-kata menarik yang digunakan untuk menciptakan sebuah puisi. Siswa juga dapat lebih menghargai pendapat orang lain karena siswa saling memberi komentar terhadap puisi yang ditulis oleh teman-temannya. Guru selalu membimbing siswa dalam setiap langkah penerapan teknik writing in the here and now, sehingga siswa lebih antusias dan aktif dalam proses pembelajaran menulis puisi. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi pada siklus I meningkat sebesar 4,73 dari 69,12 pada kondisi awal menjadi 73,85. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami penigkatan sebesar 4,62 dari 73,85 menjadi 78,47. Peningkatan siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 18% dari 47% menjadi 65%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 20% dari 65% menjadi 85%. Kata kunci: keterampilan menulis puisi, writing in the here and now

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015 00:07
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15742

Actions (login required)

View Item View Item