PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWA SMA/MA KELAS XII

Setiaji, Sukoco Indra (2014) PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWA SMA/MA KELAS XII. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan majalah kimia materi Makromolekul sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA kelas XII, dan mengetahui kualitas majalah kimia tersebut berdasarkan penilaian 5 guru kimia. Prosedur pengembangan majalah kimia diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Majalah kimia mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Kualitas majalah kimia dinilai oleh 5 guru kimia SMA/MA di kabupaten Bantul. Penilaian dilakukan menggunakan kuesioner meliputi 5 aspek dan 39 kriteria. Hasil penilaian ditabulasikan dan dianalisis dengan standar kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas majalah kimia. Prosedur pengembangan majalah kimia meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Berdasarkan hasil penilaian oleh 5 guru kimia, majalah kimia ini memperoleh skor rata-rata 167,8 (X ̅>156), sehingga dikategorikan sangat baik (SB). Dengan demikian, majalah kimia yang berisi materi Makromolekul dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA kelas XII. Kata Kunci: majalah kimia, makromolekul, pengembangan, sumber belajar mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2015 05:29
Last Modified: 29 Jan 2019 20:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15557

Actions (login required)

View Item View Item