KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN LECTURE BINGO (LB) PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahmawati, Fitria (2014) KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN LECTURE BINGO (LB) PADA MATERI LAJU REAKSI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. S2 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
KOMPARASI KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran Group Investigation dan Lecture Bingo pada materi laju reaksi terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik, serta menentukan model pembelajaran yang lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasy experiment nonequivalent groups. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 140 siswa dan terbagi dalam empat kelas. Sampel penelitian berjumlah 67 siswa yang terbagi dalam dua kelas eksperimen, untuk Group Investigation dan Lecture Bingo, yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data pengetahuan awal kimia dari data dokumentasi, data aktivitas belajar dari observasi, dan hasil belajar dari tes menggunakan 30 soal pilihan ganda. Data ini kemudian dianalisis menggunakan statistik nonparameterik, Kruskal-Wallis dengan SPSS 16 for Windows. Hasil uji menunjukkan adanya perbedaan pada aktivitas dan hasil belajar peserta didik antara model Group Investigation dan Lecture Bingo pada materi laju reaksi, serta penerapan model Group Investigation lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar daripada model Lecture Bingo pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, Group Investigation, hasil belajar , Lecture Bingo
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2015 05:59
Last Modified: 29 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item