IMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Parbuntari, Hesty (2014) IMPLEMENTASI MULTIMODAL LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
xviii ABSTRAK.docx

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan: 1) motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas eksperimen; 2) motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir peserta didik di kelas kontrol; 3) motivasi belajar akhir peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; dan 4) prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan cara purposive cluster sampling. Sampel terbagi menjadi dua yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang menerapkan multimodal learning kooperatif tipe group investigation berbasis web sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe group investigation tanpa web. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal post-test, dan angket motivasi belajar kimia. Hipotesis penelitian diuji dengan paired samples t test, independent sample t test, dan univariate analysis of variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas eksperimen, motivasi belajar akhir peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta prestasi belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Akan tetapi, hasil penelitian juga menunjukkan tidak ada perbedaan motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir di kelas kontrol. Kata Kunci : Multimodal, group investigation, web, motivasi, dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:27
Last Modified: 29 Jan 2019 20:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15515

Actions (login required)

View Item View Item