PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY

Liswahyuningsih, Etik (2014) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 BERBASIS INQUIRY SCIENCE LABORATORY. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) mengembangkan buku petunjuk praktikum kimia kelas XI semester 1 berbasis inquiry science laboratory yang dapat digunakan sebagai buku acuan guru dan siswa dalam pembelajaran kimia di laboratorium, (2) mengetahui kualitas buku petunjuk praktikum kimia kelas XI semester 1 berbasis inquiry science laboratory berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing dan mendapatkan masukan dari ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Pengembangan ini melalui beberapa tahap antara lain perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Penilaian dilakukan oleh guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan meliputi 8 aspek penilaian dengan 30 indikator penilaian. Delapan aspek penilaian yang digunakan meliputi penulisan dan organisasi buku, kebenaran konsep, kedalaman materi, kejelasan dan tingkat keterbacaan, muatan inquiry science laboratory, keterlaksanaan kegiatan praktikum, penilaian hasil belajar, dan tampilan fisik buku. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia. Produk penelitian ini berupa buku petunjuk praktikum kimia SMA/MA kelas XI semester 1 berbasis inquiry science laboratory. Model pengembangan buku petunjuk praktikum ini diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Buku petunjuk praktikum yang telah dikembangkan mempunyai kualitas sangat baik (SB) dengan skor 133,65 dan persentase keidealan sebesar 89.1%. Kata kunci: pengembangan, petunjuk praktikum, inquiry science laboratory, penyelidikan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:16
Last Modified: 29 Jan 2019 20:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item