MISKONSEPSI PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS

Ratriasih, Nurul (2014) MISKONSEPSI PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM BUKU TEKS KIMIA SMA EDISI BILINGUAL DAN BAHASA INGGRIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada konsep laju reaksi dalam buku teks kimia SMA edisi bilingual dan Bahasa Inggris dan memberikan penjelasan sebagai penyelesaian atas miskonsepsi yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah konsep laju reaksi. Objek dalam penelitian ini adalah miskonsepsi dan potensial miskonsepsi dalam konsep laju reaksi. Sample terdiri dari 2 buku teks kimia edisi Bahasa Inggris dan 3 buku teks kimia edisi bilingual dari pengarang dan penerbit yang berbeda. Instrumen kebenaran konsep digunakan sebagai referensi untuk menganalisis miskonsepsi pada konsep laju reaksi. Instrumen evaluasi miskonsepsi dalam penelitian ini menggunakan metode CRI (Certainty of Response Index) yang divalidasi oleh 5 guru kimia SMA menggunakan instrumen keterbacaan soal. Hasil penelitian menunjukkan ada miskonsepsi dan potensial miskonsepsi pada konsep laju reaksi di buku teks kimia edisi bilingual dan Bahasa Inggris seperti (1) katalis tidak terlibat dalam reaksi (tidak bereaksi); (2) definisi orde reaksi; (3) tidak terdapat penjelasan tentang mekanisme reaksi dan tahap penentu laju; (4) tidak terdapat penjelasan tentang satuan tetapan laju, k. Hasil validasi instrumen evaluasi miskonsepsi berdasarkan instrumen keterbacaan soal adalah sangat baik (SB) dengan skor 74,6. Kata Kunci: Miskonsepsi, Buku Teks Kimia SMA edisi bilingual dan bahasa Inggris, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 20:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15409

Actions (login required)

View Item View Item