MULTI REPRESENTASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

Lestari, Ika Nila (2014) MULTI REPRESENTASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
MULTI REPRESENTASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA.docx

Download (16kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan hasil prestasi yang signifikan antara peserta didik yang diberikan soal dengan menggunakan metode multi representasi dengan peserta didik yang diberikan soal umum. Tujuan lainnya mengetahui adanya pengaruh pemberian soal dengan menggunakan metode multi representasi pada kelas eksperimen terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah multi representasi dengan soal bergambar, pembuatan soal bergambar divalidasi oleh guru SMA itu sendiri, dan validasi secara empiris dengan uji Rasch. Setelah itu produk diuji kepada peserta didik.Instrumen penilaian berupa soal yang terdiri 20 soal pilihan ganda dan angket penilaian soal bergambar. Penilaian dilakukan oleh 34 orang peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Soal dengan metode multi representasi ini memiliki pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Semakin tinggi motivasi belajar peserta didik, maka semakin tinggi pula hasil prestasi belajar peserta didik tersebut. Terlihat hasil prestasi belajar yang signifikan antara kelas yang diberi soal metode multi representasi dengan kelas yang tidak diberi soal dengan metode multi representasi. Kata Kunci: Ikatan kimia, multi representasi, motivasi belajar, prestasi belajar, Rasch.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 06 Apr 2015 01:58
Last Modified: 29 Jan 2019 20:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item