PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (RSMA BI) KELAS XI SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI

Arantika, Melyza (2010) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA BERBAHASA INGGRIS UNTUK RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL (RSMA BI) KELAS XI SEMESTER I BERDASARKAN STANDAR ISI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) kimia berbahasa Inggris untuk Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (RSMA BI) kelas XI semester I berdasarkan Standar Isi serta menentukan kualitas Lembar Kerja Siswa kimia berbahasa Inggris hasil pengembangan, berdasarkan penilaian guru kimia RSMA BI ditinjau dari kriteria yang telah ditentukan. Kurikulum yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan LKS adalah kurikulum Standar Isi. Prosedur pengembangan terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Masing-masing tahap terdiri atas beberapa langkah penelitian. LKS kimia berbahasa Inggris diberi masukan oleh dua orang dosen pembimbing, dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan tiga orang teman sejawat. LKS dinilai kualitasnya oleh lima guru kimia RSMA BI (reviewer). Penilaian LKS berdasarkan 9 aspek penilaian, yaitu: aspek pendekatan pembelajaran, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, kegiatan siswa, kebahasaan, penampilan fisik, penilaian, dan keterlaksanaan. Data nilai kualitas yang diperoleh merupakan data kuantitatif berbentuk skor. Hasil penilaian skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas LKS. Masukan dari reviewer digunakan untuk meneliti produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Lembar Kerja Siswa (LKS) kimia berbahasa Inggris untuk Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional (RSMA BI) kelas XI semester I berdasarkan Standar Isi yang memenuhi kriteria kualitas telah berhasil disusun. LKS terdiri dari tiga materi pokok, yaitu: Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur, Bentuk Molekul dan Gaya antar Molekul, dan Termokimia. Kualitas Lembar Kerja Siswa Kimia berbahasa Inggris hasil pengembangan adalah baik (B) dengan pencapaian skor rata-rata sebesar 83,4 dan persentase keidealan sebesar 75,82 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 07:09
Last Modified: 02 Apr 2015 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15210

Actions (login required)

View Item View Item