IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI KE DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X PADA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN

Khotimah, Nunung Khusnul (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERINTEGRASI KE DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF KELAS X PADA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMKN 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Nunung Khusnul Khotimah.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran produktif kelas X pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran diSMKN 1 Depok Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 1 Depok yang beralamat di Jalan Ringroad Utara, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, dan 4 orang guru mata pelajaran produktif kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, meliputi tiga tahap: reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik untuk memperoleh keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini: Perencanaan implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran produktif kelas X terdiri dari kurikulum, silabus dan RPP telahmengandungpendidikan karakter. Semua guru telah mengimplementasikan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan penutup. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diberikan kepada peserta didik telah sesuai dengan yang tertera pada RPP. Penilaian pendidikan karakter telah dilaksanakan oleh semua guru dengan nilai akhir berupa angka yang kemudian dikonversikan ke dalam huruf A, B, C, dan D selanjutnya digabungkan dengan penilaian afektif dan kognitif sehingga menghasilkan nilai raport dari mata pelajaran produktif tersebut. Implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran produktif kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran telah berjalan walaupun hasilnya belum maksimal dikarenakan terdapat beberapa kendala yang belum dapat terselesaikan. Kata kunci : pendidikan karakter; mata pelajaran produktif; administrasi perkantoran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 20:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15209

Actions (login required)

View Item View Item