HUBUNGAN ANTARA TINGGI BADAN, KEKUATAN OTOT PERGELANGAN TANGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN BAHU DENGAN KEMAMPUAN PUKULAN CLEAR DALAM BULUTANGKIS SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 SENTOLO

Wahyu Eka Prasetya, Wahyu (2013) HUBUNGAN ANTARA TINGGI BADAN, KEKUATAN OTOT PERGELANGAN TANGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN BAHU DENGAN KEMAMPUAN PUKULAN CLEAR DALAM BULUTANGKIS SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 SENTOLO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYU EKA PRASETYA_NIM.09601244065.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya hubungan antara tinggi badan, kekuatan otot pergelangan tangan, kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan pukulan clear dalam bulutangkis siswa peserta ekstrakulikuler di SMP Negeri 1 Sentolo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tinggi badan, kekuatan otot pergelangan tangan, kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan pukulan clear dalam bulutangkis siswa peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode survei yaitu pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis, yaitu 25 siswa. Sampel penelitian adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler bulutangkis yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian untuk mengukur tinggi badan menggunakan stadiometer. Kekuatan otot pergelangan tangan menggunakan hand dynamometer. Kekuatan otot lengan bahu menggunakan neraca pegas (spring scale). Adapun tes pukulan clear menggunakan clear test. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment untuk membuktikan hipotesis satu, hipotesis dua dan hipotesis tiga sedangkan hipotesis keempat menggunakan analisis regresi ganda tiga prediktor dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan kemampuan pukulan clear dengan besar sumbangan 3,05%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot pergelangan tangan dengan kemampuan pukulan clear dengan besar sumbangan 39,05%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan pukulan clear dengan besar sumbangan 3,89%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara variabel gabungan yaitu tinggi badan, kekuatan otot pergelangan tangan, kekuatan otot lengan bahu dengan kemampuan pukulan clear dengan besar sumbangan 46%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 02 Apr 2015 06:27
Last Modified: 29 Jan 2019 20:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item