PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLOID UNTUK SMA/MA DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8

SUSILO, BAMBANG (2009) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLOID UNTUK SMA/MA DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOLOID UNTUK SMA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran koloid dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) untuk siswa SMA/MA menggunakan Macromedia Flash 8 dan mengetahui kualitas dari media pembelajaran kimia tersebut berdasarkan penilaian lima orang guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli media dan ahli materi, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh lima orang guru kimia SMA/MA di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan menggunakan instrumen penilaian media pembelajaran koloid dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP). Instrumen penilaian media pembelajaran koloid dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) berisi 11 aspek penilaian dan terdiri atas 64 indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media pembelajaran koloid dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP). Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran koloid dengan pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) untuk siswa SMA/MA. Media pembelajaran yang dikembangkan ini memperoleh skor rata-rata 282,6 yang hasilnya lebih besar dari pada skor idealnya yaitu 256. Berdasarkan kriteria penilaian skor ideal, media pembelajaran ini mempunyai kualitas sangat baik (SB), sehingga media ini dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Apr 2015 04:44
Last Modified: 29 Jan 2019 20:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15177

Actions (login required)

View Item View Item